Membuat Konten Di Sosial Media

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial, saat ini keberadaan jasa pengelolaan media sosial untuk kebutuhan penjualan sudah tidak dapat diragukan lagi. Pelaku usaha kecil atau pun besar kini sama-sama memiliki media untuk melakukan penjualan secara langsung. Hal ini menjadikan mereka memiliki kesempatan yang sama untuk terhubung secara langsung dengan konsumen.

Melalui keberadaan internet dengan berbagai platform yang tersedia, pelaku usaha dapat melakukan penjualan dan promosi secara langsung. Media yang diguanakn Marketplace, toko Online berupa website, dan juga media sosial seperti halnya Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp dan banyak lagi yang lainnya yang saat ini dijadikan media untuk ‘jualan’ Online.

Di dalam menjalankan jualan Online ada banyak strategi yang perlu dilakukan. Sebelum kita sampai pada bagaimana strategi yang tepat dalam menjalankan digital marketing, pertama-tama kita perlu berkenalan dengan konten. Karena banyak pelaku usaha yang memasuki ranah digital marketing namun belum paham apa itu konten. Mereka tidak membawa serta konten yang tepat guna menarik pasar atau calon pembeli.

Apa Itu Konten?

Sebelum kita berlanjut dalam pembahasan Pengelolaan Media Sosial pelru kita ketahui terlebih dahulu apa itu konten. Konten adalah (bahasa Inggris: content) adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Penyampaian konten dapat dilakukan melalui berbagai medium seperti internet, televisi, CD audio, bahkan acara langsung seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Istilah ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menguantifikasi beragam format dan genre informasi sebagai komponen nilai tambah media.

Dapat disimpulkan bahwa konten menjadi bagian yang sangat penting di dalam sebuah media. Dalam hal ini media yang kita gunakan sebagai perwakilan dari usaha kita, misalnya dalam bentuk Akun Official dari nama usaha atau produk yang kita tawarkan kepada calon konsumen.

Menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha untuk dapat membuat konten iklan dan promosi yang tepat, dan juga dapat menyediakan konten yang berkualitas. Tepat dan berkualitas yang dimaksud adalah; konten yang diupload ke media sosial tidak selalu berupa promosi atau iklan jualan produk, namun lebih dari itu adalah konten yang dapat memberikan informasi dan menambah kedekatan antara produk atau perusahaan dengan para konsumen.

Dalam perkembangan dunia rantisia digital media saat ini, kebutuhan dan permintaan akan sebuah konten media sosial, konten promosi, konten promosi produk, konten promosi jasa yang baik dan tepat sasaran terus meningkat. Oleh sebab itu Cara Membuat Desain dan Konten Instagram menjadi sangat penting agar dilakukan dengan tepat.

Peningkatan permintaan atas pembuatan konten promosi media sosial yang tepat sasaran ini karena saat masyarakat pun mendapatkan banyak sekali konten dari berbagai media yang beragam. Sehingga masyarakat sebagai calon pembeli akan melakukan perbandingan satu produk dengan produk lain, salah satunya melihat dari konten promosi yang dilakukan.

Apa itu Promosi?

Konten yang kita buat adalah bagian dari upaya melakukan promosi dari pada produk. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengonsumsinya.

Menurut Kotler Promosi ialah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi atau promotional mix. Di dalam Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial tentu bauran pemasaran menjadi salah satu poin yang perlu dipertimbangkan.

Pada dasarnya tujuan dari pada promosi adalah untuk memberikan informasi dari produk atau jasa yang kita buat kepada konsumen atau pasar. Kemudian promosi juga bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi pasar agar membeli atau menggunakan produk yang kita tawarkan. Lebih jauh, promosi akan berguna di dalam upaya menciptakan kesan atau images dari produk atau jasa yang kita tawarkan.

Promosi memiliki makna yang berbeda di mata produsen dan konsumen. Bagi produsen, promosi adalah satu kegiatan untuk menginformasikan produk atau jasa, kemudian membujuk konsumen untuk membeli serta menjadi pengingat agar para konsumen untuk tidak melupakan produk.

Sedangkan bagi konsumen promosi bermakna sebuah komunikasi antara produsen dan konsumen. Sehingga kegiatan promosi adalah salah satu cara dari perusahaan (barang/jasa) untuk meningkatkan volume penjualan produknya (pembelian).

Sehingga kembali pada pembahasan penting bagi kita pelaku usaha untuk memahami kebutuhan dari konten promosi. Di internet telah banyak yang memberikan contoh konten promosi mengulas bagaimana cara membuat konten promosi baik untuk kebutuhan market place, kebutuhan website atau pun contoh konten promosi di Instagram.

Di dalam perkembangannya konten promosi pun menjadi berbeda-beda antara produk jasa dan barang. Di setiap bidang pun akan mengalami perbedaan, misalnya bagaimana cara membuat konten promosi untuk konten promosi makanan, konten promosi produk pakaian, konten promosi sekolah atau lembaga. Semua memiliki cara masing-masing.

Cara Membuat Konten Promosi di Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang saat ini ramai pengguna dan terus meningkat. Kegunaan Instagram yang awalnya sebagai media berbagi foto dan video pun telah berubah menjadi media yang dimanfaatkan untuk jualan Online.

Perkembangan Instagram yang sangat pesat dan sukses, tentu menjadi dasar mengapa kemudian para pelaku usaha menggunakan Instagram untuk jualan. Banyak pelatihan atau cara untuk berjualan di Instagram yang diadakan oleh berbagai lembaga, juga telah banyak dibahas oleh blogger atau pelaku digital marketing.

Dalam kesempatan ini saya hanya ingin membagikan sedikit strategi atau cara membuat promosi konten Instagram untuk jualan yang sukses. Mari gunakan cara membuat konten promosi dengan memperhatikan hal-hal penting di Instagram di bawah ini:

1. Kenali Audiens Konten Instagram

Di dalam membuat konten promosi dan strategi promosi atau jualan di Instagram yang pertama harus kita lakukan adalah bagaimana kita mengenali audiens dari followers atau calon followers kita. Followers yang dimaksud adalah ‘pasar potensial’ atau mereka yang akan kita tarik sebagai pembeli dan pengguna dari produk yang kita tawarkan.

Penting untuk kita siapkan sejak awal riset atau survei mengenai target pasar kita di Instagram. Sebagai contoh misalnya kita akan berjualan  sepatu, kemudian sepatu kita adalah merek atau brand yang identik dengan anak muda, sepatu kita khusus untuk pria.

Maka kita perlu membuat konten yang berhubungan dengan tema sepatu anak muda, dengan target pasar mereka berjenis kelamin laki-laki, pada rentang usia tertentu, pada kisaran pendapatan tertentu dan lain sebagainya.

Ketika kita telah mengenali siapa audiens kita, maka kita bisa mempersiapkan konten promosi yang tepat, sehingga postingan Instagram yang kita buat akan menjadikan followers dalam hal ini pasar tertarik dan berinteraksi dengan kita.

Interaksi dan ketertarikan ini, pada akhirnya akan menjadikan lead yang berujung pada penjualan produk, dan pada akhirnya akan muncul loyalitas serta kenyamanan dari pelanggan atas produk atau jasa yang kita tawarkan.

2. Perhatikan Panjang Pendek Caption Postingan Instagram

Selain konten dalam hal  ini berupa tampilan gambar, foto atau video dari produk dan informasi yang ingin kita sampaikan kepada pasar  atau followers instagram. Penting sekali untuk kita memperhatikan caption yang kita buat.

Desain dari sebuah postingan memang penting, karena itu adalah konten yang akan dilihat pertama kali oleh followers dan calon pasar, namun jangan lupakan caption. Caption yang tepat, akan memberikan nilai dan mampu menjadikan followers mengambil tindakan.

Tindakan atau interaksi di dalam instagram dapat berupa like, menyimpan postingan, membagikan dalam story, atau merekomendasikan kepada orang lain, baik membagikan ke whatsaapp atau pun media sosial lain. Story ini menjadi saluran yang cukup efektif di dalam strategi media sosial dan Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial berupa story ini pernah saya bahas sebelumnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar interaksi followers dan kita sebagai pemilik akun  usaha dapat tercipta adalah dengan membuat caption yang tepat.

Caption yang tepat adalah caption yang tidak terlalu panjang, tidak bertele-tele atau basa basi, mudah di pahami, dan sesuai dengan isi konten. Fungsi caption adalah memberikan informasi yang pas dan tepat sasaran. Buat caption agar follower berinteraksi, misalnya memberikan like dan komentar.

3. Gunakan Hashtag Postingan Instagram Yang Tepat

Di dalam Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial selain caption yang memberikan informasi dan ajakan untuk berinteraksi. Di dalam sebuah unggahan konten Instagram perlu untuk menyematkan yang namanya hastag atau tagar

Hastag Instagram berfungsi untuk membuat link dari postingan yang kita buat, sehingga akan mudah ditemukan oleh orang lain dari hastag yang kita buat.  Dalam hal ini mereka yang bukan followers kita pun dapat mengakses atau dijangkau dengan menggunakan hastag.

Instagram sendiri membatasi penggunaan hashtag sampai 30 hashtag. Sebagai informasi penggunaan hashtag dapat meningkatkan engagment sebesar dari sebuah konten Instagram lebih dari 30{d7018ad91cbd1ae66a9da2327e70bf37c9b7bc326c470e655779a8b28fd174f5} jika kita menggunakan dengan tepat.

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial juga perlu diimbangi dengan bagaimana cara mencari hastag yang tepat? Untuk pengguna Instagram hastag yang tepat tentu disesuaikan dengan promosi atau konten yang dibuat. Jenis konten ini harus disesuaikan dengan hastag yang tepat.

Misalnya jika Anda jualan sepatu. Maka Anda bisa menggunakan hastag yang berhubungan dengan sepatu,  atau juga dapat menggunakan hastag yang sedang hangat saat ini, namun harus didukung dengan  caption dan postingan yang mendukung.

Membuat Konten Di Sosial Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas