Cara Membuat Konten Promosi di Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang saat ini ramai pengguna dan terus meningkat. Kegunaan Instagram yang awalnya sebagai media berbagi foto dan video pun telah berubah menjadi media yang dimanfaatkan untuk jualan Online.

Perkembangan Instagram yang sangat pesat dan sukses, tentu menjadi dasar mengapa kemudian para pelaku usaha menggunakan Instagram untuk jualan. Banyak pelatihan atau cara untuk berjualan di Instagram yang diadakan oleh berbagai lembaga, juga telah banyak dibahas oleh blogger atau pelaku digital marketing.

Dalam kesempatan ini saya hanya ingin membagikan sedikit strategi atau cara membuat promosi konten Instagram untuk jualan yang sukses. Mari gunakan cara membuat konten promosi dengan memperhatikan hal-hal penting di Instagram di bawah ini:

1. Kenali Audiens Konten Instagram

Di dalam membuat konten promosi dan strategi promosi atau jualan di Instagram yang pertama harus kita lakukan adalah bagaimana kita mengenali audiens dari followers atau calon followers kita. Followers yang dimaksud adalah ‘pasar potensial’ atau mereka yang akan kita tarik sebagai pembeli dan pengguna dari produk yang kita tawarkan.

Penting untuk kita siapkan sejak awal riset atau survei mengenai target pasar kita di Instagram. Sebagai contoh misalnya kita akan berjualan  sepatu, kemudian sepatu kita adalah merek atau brand yang identik dengan anak muda, sepatu kita khusus untuk pria.

Maka kita perlu membuat konten yang berhubungan dengan tema sepatu anak muda, dengan target pasar mereka berjenis kelamin laki-laki, pada rentang usia tertentu, pada kisaran pendapatan tertentu dan lain sebagainya.

Ketika kita telah mengenali siapa audiens kita, maka kita bisa mempersiapkan konten promosi yang tepat, sehingga postingan Instagram yang kita buat akan menjadikan followers dalam hal ini pasar tertarik dan berinteraksi dengan kita.

Interaksi dan ketertarikan ini, pada akhirnya akan menjadikan lead yang berujung pada penjualan produk, dan pada akhirnya akan muncul loyalitas serta kenyamanan dari pelanggan atas produk atau jasa yang kita tawarkan.

2. Perhatikan Panjang Pendek Caption Postingan Instagram

Selain konten dalam hal  ini berupa tampilan gambar, foto atau video dari produk dan informasi yang ingin kita sampaikan kepada pasar  atau followers instagram. Penting sekali untuk kita memperhatikan caption yang kita buat.

Desain dari sebuah postingan memang penting, karena itu adalah konten yang akan dilihat pertama kali oleh followers dan calon pasar, namun jangan lupakan caption. Caption yang tepat, akan memberikan nilai dan mampu menjadikan followers mengambil tindakan.

Tindakan atau interaksi di dalam instagram dapat berupa like, menyimpan postingan, membagikan dalam story, atau merekomendasikan kepada orang lain, baik membagikan ke whatsaapp atau pun media sosial lain. Story ini menjadi saluran yang cukup efektif di dalam strategi media sosial dan Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial berupa story ini pernah saya bahas sebelumnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar interaksi followers dan kita sebagai pemilik akun  usaha dapat tercipta adalah dengan membuat caption yang tepat.

Caption yang tepat adalah caption yang tidak terlalu panjang, tidak bertele-tele atau basa basi, mudah di pahami, dan sesuai dengan isi konten. Fungsi caption adalah memberikan informasi yang pas dan tepat sasaran. Buat caption agar follower berinteraksi, misalnya memberikan like dan komentar.

3. Gunakan Hashtag Postingan Instagram Yang Tepat

Di dalam Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial selain caption yang memberikan informasi dan ajakan untuk berinteraksi. Di dalam sebuah unggahan konten Instagram perlu untuk menyematkan yang namanya hastag atau tagar

Hastag Instagram berfungsi untuk membuat link dari postingan yang kita buat, sehingga akan mudah ditemukan oleh orang lain dari hastag yang kita buat.  Dalam hal ini mereka yang bukan followers kita pun dapat mengakses atau dijangkau dengan menggunakan hastag.

Instagram sendiri membatasi penggunaan hashtag sampai 30 hashtag. Sebagai informasi penggunaan hashtag dapat meningkatkan engagment sebesar dari sebuah konten Instagram lebih dari 30{d7018ad91cbd1ae66a9da2327e70bf37c9b7bc326c470e655779a8b28fd174f5} jika kita menggunakan dengan tepat.

Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial juga perlu diimbangi dengan bagaimana cara mencari hastag yang tepat? Untuk pengguna Instagram hastag yang tepat tentu disesuaikan dengan promosi atau konten yang dibuat. Jenis konten ini harus disesuaikan dengan hastag yang tepat.

Misalnya jika Anda jualan sepatu. Maka Anda bisa menggunakan hastag yang berhubungan dengan sepatu,  atau juga dapat menggunakan hastag yang sedang hangat saat ini, namun harus didukung dengan  caption dan postingan yang mendukung.

Banyak tols yang dapat digunakan untuk membuat atau mencari hastag yang tepat dan potensial untuk bisnis atau konten yang kita buat di Instagram.  Tools pembuat hastag yang umum digunakan dalam jualan Online misalnya rantisia digital media

4. Sesekali Buat Postingan Pertanyaan Untuk Follower di Instagram

Keterlibatan  atau interaksi followers akan sangat penting di dalam menjalankan strategi promosi di media sosial termasuk ketika kita menggunakan Instagram.

Tentu followers membutuhkan tidak hanya informasi dalam bentuk konten menarik, dan juga promosi dari sebuah produk yang kita jual. Coba ajak followers kita terlibat dengan membuat pertanyaan.

Model konten berupa pertanyaan ini dapat menggunakan feeds atau  juga intsgaram story yang mana telah mendukung untuk membuat pertanyaan dan tanya jawab atau quis kepada para followers.

Sesekali kita juga dapat mengadakan give away dalam program tanya jawab atau quisz. Semakin interaktif dan melibatkan followers maka pasar akan semakin dapat kita ciptakan. Tentu pada akhirnya adalah bagaimana penjualan dari produk kita akan meningkat.

5. Jadwalkan Postingan Instagram

Kunci  dari melakukan promosi media sosial seperti halnya promosi di Instagram adalah dengan secara teratur dan konsisten untuk mengupload atau memberikan konten yang menarik kepada followers.

Ketika kita hanya muncul dengan memberikan unggahan jualan produk, kemudian hilang, dan muncul lagi, maka followers dan calon pembeli akan meninggalkan kita, karena dianggap tidak aktif.

Melakukan penjadwalan postingan instagram menjadi kunci yang perlu untuk dilakukan bagi setiap pelaku usaha yang ingin menggunakan sosial media seperti halnya Instagram.

Penjadwalan misalnya bisa sehari sekali, atau seminggu empat kali. Untuk mempermudah dalam membuat jadwal Instagram, kita bisa membuat postingan terjadwal secara otomatis. Di dalam melakukan digital marketing selain menguasai Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial juga penting untuk memiliki kemampuan penjadwalan atau autoposting.

Selain hal-hal utama di atas di dalam Membuat konten promosi Instagram perlu juga memperhatikan cara membuat konten promosi di Instagram yang disesuaikan dengan jenis produk yang kita buat atau tawarkan.Kita bisa mencari banyak contoh konten promosi produk melalui referensi yang ada di internet.Dengan memiliki banyak referensi dalam membuat konten promosi yang menarik dapat memberikan dampak yang baik di dalam melakukan penjualan produk.

Di dalam Cara Membuat Konten Promosi Media Sosial ada pertanyaan bagaimana membuat konten promosi yang menarik? Ini menjadi pertanyaan yang sering disampaikan kepada saya, jawabannya selalu sama, cara membuat konten promosi yang menarik adalah dengan kita memahami produk kita dan audiens kita. Buat konten yang tidak hanya bertujuan ‘jualan’ tapi juga konten yang syarat dengan informasi yang berguna bagi pasar atau followers.

Cara Membuat Konten Promosi di Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas